Pengertian, faktor - faktor, dan macam - macam perilaku konsumen

A. perilaku konsumen

   Konsumen adalah orang yang melakukan kegiatan konsumsi, konsumsi adalah kegiatan seseorang dalam mengurangi / menghasilkan nilai guna suatu barang atau jasa.

   perilaku konsumen adalah proses pengambilan keputusan dan aktivitas masing - masing individu yang dilakukan dalam rangka evaluasi, pendapatan, penggunaan atau mengatur barang dan jasa.

1. Faktor - faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
 
    Faktor - faktor mengonsumsi barang atau jasa adalah sebagai berikut :

  • Pendapatan
          Pendapatan merupakan faktor utama dalam mempengaruhi tingkat konsumsi seseorang

  • Harga barang
          Semakin tinggi harga suatu barang maka semakin rendah tingkat konsumsi seseorang, sedangkan apabila harga suatu barang maka semakin tinggi tingkat konsumsinya.

  • Selera individu
          Setiap orang mempunyai selera yang berbeda - beda barang atau jasa yang diinginkan

  • Status sosial
          Status sosial seseorang dalam masyarakat dengan sendirinya membentuk pola konsumsi orang tersebut.

  • Kebudayaan 
          Kebudayaan dapat mempengaruhi tingkat konsumsi.misalnya,  makanan pokoknya adalah sagu sehingga kebutuhan sagu tersebut lebih besar.


 2. Macam - macam perilaku konsumen
     
    1. Perilaku rasional
        Perilaku rasional adalah perilaku konsumsi yang dilakukan berdasarkan akal sehat.

  • mengonsumsi produk sesuai yang dimiliki
  • mongonsumsi produk sesuai kualitasnya 
  • mengonsusi produk yang benar - benar yang dibutuhkan oleh konsumsi
  • mengonsumsi produk yang mampu meberikan kegunaan optimal, maksudny dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama
    2. Perilaku irasional
        Perilaku irasional adalah perilaku konsumsi yang dilakukan dangan tidak berdasarkan pada pertimbangan yang baik. perilaku irasional antara lain.

  • membeli karena tertarik pada merek 
  • membeli karena ikut - ikutan / demostretion effect
  • membeli karena adanya potongan produk 
  • membeli karena tertarik iklan produk
  • membeli karena ingin mempertahankan prestise
  • membeli karena adanya bonus pembelian      
Previous
Next Post »